Monday, April 9, 2012

tentang vitamin B12

Inilah sekilas penjelasan kenapa Vitamin B12 yang terdapat pada daging sangat penting bagi tubuh. tak hanya daging yang mempunyai vitamin B12, terdapat sayuran unik bernama ashitaba dimana pada daun dan batangnya terdapat vitamin B12. bagi  kaumvegetarian sering mengalami masalah defisiensi atau kekurangan vitamin B12karena tidak mengkonsumsi sumber-sumber vitamin B12 yang berasal dari hewani memilih daun ashitaba menjadi pilihan yang sangat cocok untuk mendapatkan asupan vitamin B12 tanpa harus melakukan injeksi B12 yang harganya tentunya lebih mahal.

Vitamin B12 merupakan jenis vitaminlarut dalam air yang memiliki peran yang sangat penting bagi kerja sistem otakdan sistem saraf. Vitamin B12 termasuk ke dalam delapan vitamin B yang sangatdibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B12 terlibat langsung dalam metabolisme setiapsel di dalam tubuh manusia.
Manfaat vitamin B12
Ada beberapa manfaat vital darivitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagaiberikut:
  1. Menjaga kesehatan sistem saraf sekaligus memperlancar produksi DNA dalam tubuh.
  2. Menjaga serta meningkat energi dalam tubuh.
  3. Memperlancar pembentukan asam amino homosistein yang dapat menghambat terjadinya aterosklerosis.
  4. Membantu melawan penyakit jantung.
  5. Mengurangi resiko penyakit anemia.
Kebutuhan akan vitamin B12berbanding lurus dengan usia seseorang. Semakin tua usia maka kebutuhan akanvitamin B12 semakin meningkat. Oleh karena itu pada orang-orang lanjut usiadibutuhkan konsumsi vitamin B12 yang lebih banyak. Untuk para lansia, konsumsiakan vitamin B12 akan lebih efektif melalui pemberian suplemen dibandingkan denganpenyerapan dari makanan karena organ pencernaan dari para lansia sudah mulaiberkurang fungsinya. Konsumsi terlalu berlebihan dari vitamin B12 tidak terlalumenimbulkan efek yang berarti, namun demikian sangat dianjurkan untuk menjagadosis konsumsi vitamin B12 sesuai dengan dosis yang dianjurkan perharinya.
Sumber-sumber vitamin B12
Beberapa makanan yang menjadi sumberutama vitamin B12 untuk Anda konsumsi diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Ikan
  2. Daging
  3. Telur
  4. Unggas
  5. Hati
  6. Produk susu
  7. Sereal (sumber nabati yang memiliki kandungan vitamin B12), kaum vegetarian umumnya memilih jenis sereal untuk suplai vitamin B12 ke dalam tubuh.
Defisiensi vitamin B12
Defisiensi atau kekurangan asupanvitamin B12 akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Berikutbeberapa akibat yang akan dirasakan sebagai dampak dari kekurangan asupanvitamin B12:
  1. Mengalami penyakit anemia atau kurang darah.
  2. Mudah lelah dan lemah dalam beraktivitas.
  3. Mengalami penyakit sembelit.
  4. Menurunnya nafsu makan sehari-hari.
  5. Penurunan berat badan.
  6. Mudah mengalami kesemutan pada tangan atau kaki.
  7. Sulit menjaga keseimbangan, mudah depresi, bingung, miskin memori dalam pikiran, mengalami rasa sakit pada mulut dan lidah.
Dari penjelasan tersebut sangatjelas bagaimana fungsi dan manfaat vitamin B12 diperlukan oleh tubuh. Konsumsiyang cukup akan kebutuhan vitamin B12 akan menjadikan tubuh Anda sehat dantehindar dari penyakit yang diakibatkan oleh defisiensi vitamin B12.

0 komentar:

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More