Friday, April 2, 2010

Sasak - Asal kata

Sebagai suku asli sasak saya sendiri belum tau makna kata "SASAK" hingga saya tergerak untuk mencari tahu apa sebenarnya arti SASAK yang menjadi nama suku saya ini. kebetulan saya bertemu dengan orang yang sangat tepat dan dekat dengan saya yang sehari-hari saya panggil amak ("Bapak:indonesia") namanya amak Syamsuddin.

beliau menceritakan; kata  sasak berasal dari kata sesak yang artinya padat, atau berpenduduk padat. dahulu kala pulau Lombok adalah sebuah pulau kosong yang sangat subur yang dan kaya yang belum berpenghuni,
hingga datanglah sekelompok orang dari jawa (daerah berpenduduk lebih padat) yang datang dan mulai berdomisili secara berkelompok-kelompok, penduduk pertama yang datang belum mempunyai nama suku.

jadi yang dikatakan suku sasak adalah penduduk yang datang dari jawa terdahulu. jadi saya sedikit menarik kesimpulan suku sasak merupakan turunan dari jawa.

jika ada teman-teman yang mau mengkoreksi artikel tentang sasak ini bisa langsung lewat komentar atau email jika ingin menambahkan. terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More