Wednesday, May 26, 2010

The Best Free MySQL GUI Tools

MySQL Workbench

Manufacturer: Sun Systems/Oracle Website: http://dev.mysql.com/downloads/workbench/
Price: FREE
License: GPL License
Supported platforms: Microsoft Windows, Mac OS X and Linux



MySQL Workbench merupakan tool desain visual yang mengintegrasikan database SQL Development, administrasi, desain database, pembuatan dan pemeliharaan, menjadi lingkungan pengembangan tunggal. MySQL Workbench adalah penerus DBDesigner 4 dari fabFORCE.net dan menggantikan Bundle MySQL GUI Tools. Versi saat ini adalah 5,2, versi awal menjadi 5,0, yang menekankan fakta bahwa MySQL Workbench dikembangkan sebagai pengganti DBDesigner4.


Sequel Pro

Manufacturer: The Sequel Pro Project (open source)
Website: http://www.sequelpro.com/
Price: FREE (donations accepted via PayPal)
License: GNU GPL 2.0
Supported platforms: Mac OS X Tiger Universal Build





Sequel Pro adalah aplikasi GRATIS open source penerus aplikasi database manajemen CocoaMySQL Mac. CocoaMySQL merupakan gagasan Lorenz Textor, yang merupakan developer utama CocoaMySQL dari awal awal tahun 2003.

Sequel Pro adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola database MySQL (lokal atau melalui Internet). Hal ini memungkinkan Anda menambahkan dan menghapus database dan tabel, mengubah kolom dan indeks, melihat dan konten filter tabel, menambah, mengedit dan menghapus baris, melakukan custom query, dan dump seluruh tabel atau database.
kompatibel dengan MySQL 3.x, 4 atau 5.

HeidiSQL (MyFavorite) :)

Manufacturer: Ansgar Becker
Website: http://www.heidisql.com/
Price: FREE (donations accepted via PayPal)
License: GNU General Public License
Supported platforms: Windows 2000, XP, Vista, 7 (bisa berjalan diatas sistem operasi Linux menggunakan emulator Wine)




HeidiSQL, sebelumnya dikenal sebagai MySQL-Front, adalah Tool MySQL  Client GUI berbasis open source yang dikembangkan oleh programmer Jerman Ansgar Becker dan beberapa kontributor lain yang mengembangkan Delphi. Untuk mengelola database dengan HeidiSQL, pengguna harus login ke server MySQL lokal atau jauh dengan identitas yang diterima, menciptakan sesi. Dalam sesi ini, pengguna dapat mengelola Database MySQL dalam MySQL server terhubung, memutuskan hubungan dari server jika sudah selesai.
versi yang ditulis di Java, selain itu terdapat jHeidi, yang dirancang untuk bekerja pada komputer Mac dan Linux,  Sayangnya, proyek pengembangan dihentikan sejak Maret 2010.

PHPMyAdmin

Manufacturer: The phpMyAdmin Project (on Sourceforge)
Website: http://www.phpmyadmin.net/home_page/
Price: FREE (donations accepted via PayPal)
License: GNU General Public License, version 2
Supported platforms: Microsoft Windows, Mac OS X and Linux, PHP 4 - 5 and MySQL 3 - 5




PhpMyAdmin adalah tool software GRATIS yang ditulis dalam PHP dimaksudkan untuk menangani administrasi MySQL melalui Internet. PhpMyAdmin mendukung berbagai operasi dengan MySQL, paling serting digunakan sebagai pengelola database, tabel, fields, hubungan, indeks, pengguna (users), perizinan(priveleges). selain berbasis web dapat juga menjalankan query secara langsung pada halaman yang sudah disediakan.

Tobias Ratschiller adalah konsultan IT dan juga pendiri perusahaan perangkat lunak Maguma, mulai bekerja menggunakan PHP front end berbasis web untuk MySQL pada tahun 1998, terinspirasi oleh-MySQL Peter Kuppelwieser's 't. Dia menyerahkan proyek (dan phpAdsNew, yang dia juga penulis asli) pada tahun 2000 karena kurangnya waktu. Pada saat itu, phpMyAdmin telah menjadi salah satu aplikasi PHP yang paling populer dan alat administrasi MySQL, dengan komunitas besar pengguna dan kontributor. Dalam rangka mengkoordinasikan meningkatnya jumlah patch, kelompok tiga pengembang, Olivier Müller, Marc Delisle dan Loïc Chapeaux, terdaftar proyek phpMyAdmin di SourceForge.net dan mengambil alih pembangunan pada tahun 2001.

dbForge Studio


Manufacturer: devart
Website: http://www.devart.com/dbforge/mysql/studio/
Price: FREE for express edition, $49.95 (non-commercial standard edition), $99.99 (non-commercial professional edition)
License: terdapat jenis lisensi yaitu comersial dan non comersial.
Supported platforms: Windows 2000, XP, Vista, 7





DbForge Studio for MySQL menawarkan pengembangan visual MySQL dan administrasi. terdapat tiga edisi: Express, Standard, dan professional.

Express Edition merupakan aplikasi GRATIS yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk bekerja dengan obyek skema, account pengguna, skrip SQL, dan pertanyaan.

Standar Edition mencakup perangkat tambahan untuk administrator database dan pengembang, seperti debugger, Query Builder, kode template, obyek pencarian, berbagai ekspor dan Wizard pemeliharaan.

Profesional Edition murapakan versi yang paling lengkap dengan fitur dan menambahkan fungsi berikut: proyek database, perbandingan akurat dan sinkronisasi struktur database (perbandingan skema) atau database content (perbandingan data), debugging disimpan prosedur dan skrip, penciptaan permintaan kompleks.

Tool lain yang terdapat pada dbForge termasuk:
  • Schema Compare for MySQL
  • Data Compare for MySQL
  • Query Builder for MySQL
  • Fusion for MySQL

DBTools Manager

Manufacturer: DBTools Software
Website: http://www.dbtools.com.br/EN/dbmanagerpro/
Price: Standard Edition is FREE. Enterprise is $69.90 USD for a single license. Discounts are available for multiple licenses.
License: Standard Edition is licensed under standard freeware conditions. The enterprise version is licensed per unit sold.
Supported platforms: Windows 2000, XP, Vista, 7




StandardEdition
Khusus dirancang untuk penggunaan pribadi, memiliki seperangkat fitur yang minimal namun membuatnya ideal bagi pengguna database baru untuk melakukan manajemen database dasar. Anda dapat menggunakan edisi ini GRATIS untuk penggunaan non komersial. Untuk penggunaan komersial, Anda dapat membeli lisensi yang akan menyediakan fitur tambahan.

Enterprise Edition
Khusus dirancang untuk digunakan Enterprise, lebih cocok untuk DBA dan mencari pengembang aplikasi terintegrasi untuk manajemen database. Anda dapat mencobanya sebelum membeli. Versi Enterprise Edition datang dengan uji coba semua fitur diaktifkan, sehingga Anda dapat mencoba mereka semua selama 20 hari dan membuat keputusan pembelian Anda berdasarkan pengalaman penuh.

Kedua Edisi mencakup Dukungan untuk MySQL 3, 4 dan 5.

MyDB Studio

Manufacturer: H2LSoft, Inc.
Website: http://www.mydb-studio.com
Price: FREE
License: freeware
Supported platforms: Windows 2000, XP, Vista, 7




seperti tool lainnya studioDB mempunyai kemampuan untuk membuat / mengedit / drop objek database, sinkronisasi DB, dan data ekspor / impor. DBAs juga dapat menggunakan MyDB Studio untuk melakukan migrasi database, serta backup dan membak-up. Mendukung SSH tunneling untuk mengamankan koneksi Anda, yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan jika host Anda tidak memungkinkan Anda koneksi remote akses, user dan manajemen privileges, dan pembuatan PHP script.

sepertinya Anda akan bingung menimbang-nimbang, membandingkan, me review satu persatu mana produk yang lebih baik diantara produk-produk yang ada diatas. tapi saya yakin Anda akan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. selamat mencoba! jangan lupa komentar

artikel ini dikutip dari artikel yang ditulis Rob Gravelle.

0 komentar:

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More