Tuesday, May 10, 2011

Programming Delphi di Ubuntu

 
Ubuntu merupakan salah satu Sistem Operasi berbasis open source dengan dukungan repository paling lengkap sepanjang sejarah Open Source, dari Game hingga programming tersedia di Linux walaupun kadang memang tidak selengkap program-program berbayar yang berjalan di Windows, namun kekurangan tersebut bisa dilengkapi dengan berbagai macam cara jika kita kreatif dan bersedia mencari tahu. saya penggemar programming RAD di Windows, salah satu program yang menjadi favorit saya adalah Borland Delphi versi 7.0. ketika saya migrasi di Linux saya sempat bingung untuk mencari alat untuk programming hingga akhirnya saya menemukan sebuah program yang sangat mirip bahkan bisa dibilang sama dengan delphi, program tersebut adalah Lazarus. ya...lazarus memiliki interface yang tidak jauh berbeda dari delphi, tampilan tidak begitu penting untuk programming namun yang perlu di lihat adalah code yang digunakan pun sama tidak ada perbedaan. hmm,,jika kamu penggemar delphi dan baru saja bermigrasi ke linux silahkan mencoba Lazarus. jika tertarik dengan lazarus lebih jauh silahkan langsung saja klik link ini untuk mempelajari lebih jauh. cara installnya sangat mudah, terutama jika Anda terkoneksi dengan internet, cukup jalankan saja perintah berikut:

sudo apt-get install lazarus

tunggu hingga selesai. Anda akan menunggu lumayan lama karena banyak paket yang akan didownload kira-kira total besar paket yang didownload sebesar 304 MB.
Berikut Screenshoot lazarus:
 
 

2 komentar:

saya juga baru beralih ke linux ubuntu gan..
mohon bantuannya..

Ini kan masih basic. klo yang mirip delphi 2010 ada gan?

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More