Wednesday, May 25, 2011

Sentra industri kerajinan Loyok Lombok Timur

Desa Loyok Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur sekitar 5 Kilo meter dari Tetebatu merupakan salah satu desan dengan sentra industri kerajinan di Lombok Timur, terdapat beberapa jenis sentra Industri kerajinan di Desa Loyok seperti kerajinan Rotan, Kerajinan Kayu dan beberapa kerajinan yang unik buah karya dari para pengrajin desa Loyok. kali ini saya mendatangi salah satu artshop di Desa Loyok dan mendapati beberapa kerajinan unik yang tidak biasaya di Display dan dijual di Artshop Lain.

Copok Tangkel:

Copok dalam bahasa Indonesia artinya wadah atau sebuah tempat untuk menempatkan sesuatu di dalamnya sedangkan Tangkel dalam bahasa Indonesia berarti Batok  Kelapa. sesuai namanya Copok ini terbuat dari tangkel atau batok kelapa, dibuat dengan sangat detil dan estetika tinggi. Jika kita perhatikan dari mata awam tak terbayang bagaimana pembuatnya membentuk batok kelapa yang begitu keras menjadi sebuah wadah yang halus sehalus keramik. Menurut pengrajin Copok tangkel ini dia mampu membuat copok tangkel 5 biji dalam satu minggu jika dikerjakan terus menerus. Namun tidak habis fikir saya kenapa barang seni dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi ini dijual dengan harga yang begitu murah, Copok tangkel ini dijual perbiji seharga Rp. 50.000,- Murah bukan..??




Gegandek
gegandek adalah sebutan untuk tas tradisional, biasanya tas ini dipakai oleh ibu-ibu ke pasar. dibuat dan dipoles dengan estetika tinggi sehingga terlihat audentik dan antik. tas gegandek ini terbuat murni berbahan bambu, terdapat beberapa pilihan ukuran untuk tas gegandek. umumnya gegandek tidak mempunyai banyak model karena mempertahankan khas. di Loyok, Gegandek ini bisa dengan mudah ditemui di salah satu artshop yang menyediakan kerajinan-kerajinan, harganyapun bervariasi tergantung dari ukuran, mulai dari 30ribu sampai dengan 100ribu rupiah.

selain dua kerajinan diatas masih banyak kerajinan kerajinan lain yang saya temukan dengan berbagai macam bahan. termasuk salah satu kerajinan yang saya rasa sangat unik yaitu piring yang terbuat dari potongan tulang dikombinasikan dengan batok kelapa. kerajinan ini memperlihatkan estetika dan nilai seni yang sangat tinggi. berikut adalah beberapa kerajinan yang saya ambil gambarnya di Loyok Desa Sikur Kabupaten Lombok Timur:


 Read Also

Sentra industri kerajinan Loyok Lombok Timur

Mushroom Plantation on Tetebatu East Lombok

Jeruk Manis Water Fall East Lombok

Wisma Soedjono TeteBatu


12 komentar:

Maaf, boleh tanya? Di tempat ini bisa menyaksikan proses pembuatan anyaman itu dari waktu masih bambu utuh sampai menjadi barang jadi? Terima kasih.

boleh saja, Anda bisa melihat proses pembuatannya..

nanya dong, apa ja bentuk karya yang terbuat dari tangkel?

gegandek yang dari kayu mahoni ada ga? tapi yang kecil,, yang biasa dibawa orang2 tua buat nyimpen kapur sirihnya

boleh silahkan datang ketempat kami

Gimana cara pesaan ?? Sy lg cari gegandek.. blh minta nomer hp ?

Sya lg cari kerajinan dr rotan mau beli bnyak.. Gmn caranya mau liat2 koleksinya dan cara pesannya..ada yg bisa dihubungi gk..no hp atau pin bb gitu

Sya lg cari kerajinan dr rotan mau beli bnyak.. Gmn caranya mau liat2 koleksinya dan cara pesannya..ada yg bisa dihubungi gk..no hp atau pin bb gitu

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More