Friday, May 27, 2011

Wisata Pemandian Aik Bukak

Objek wisata tertua di Kabupaten Lombok Tengah dibangun sekitar tahun 1970, berupa kolam pemandian yang dikelilingi hutan hijau dengan suasana alam yang segar. Airnya jernih dengan beragam tempat untuk mandi. Aik Bukak menawarkan nuansa berlibur yang berbeda bagi keluarga. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk rekreasi dan mandi, restoran, tempat pertemuan, penginapan dan juga toko-toko souvenir. Berlokasi di Desa Aik Bukak Kecamatan Batukliang Utara, sekitar 20 Km utara Kota Praya. Aik Bukak lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik pada hari minggu dan hari-hari libur lainnya.


Tiket Box Aik Bukak. Rp. 3000/visitor
Pertama mengunjungi aik bukak sewaktu berumur sekitar 7 tahun lalu, kira-kira tahun 1990. saat itu suasananya begitu asri penuh dengan pepohonan, bersih dan terawat, sempat saat itu saya mandi di salah satu telaga khusus untuk anak, airnya segar sesegar ingatan saya waktu itu. Baru beberapa hari lalu saya berkunjung lagi ke Aik Bukak mencoba melihat apakah masih tetap tampak seperti dahulu?? hmm ternyata sangat jauh berbeda, sampah berserakan disana sini, fasilitas dan bangunan-bangunan disitu terlihat kumuh dan aliran air sangat tidak teratur. hanya beberapa pepohonan saja sepertinya yang masih tetap utuh yang mengobati sedikit kekecewaan saya mendatangi Aik Bukak. jika dilihat dari pendapat penjualan tiket di Aik Bukak dengan jumlah kunjungan yang hingga saat ini masih ramai, sepertinya tidak akan sulit untuk memperbaiki keadaan lokasi wisata Aik Bukak, tapi sayang sepertinya pendapatan tiket itu tidak jelas kemana arahnya. Keindahan alam dan anugrah air yang melimpah di Aik Bukak membutuhkan sentuhan tangan dari para pemerhati yang lebih peduli sebelum wisata ini menjadi wisata alam yang di tinggalkan dan tinggal cerita saja karena pengelolaan dan pemeliharaan yang tidak baik.

Get Chitika | Premium

1 komentar:

asyiknya bisa berlibur dengan keluarga di pemandian air bukak....

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More