Saturday, March 27, 2010

Memanfaatkan MySQL sebagai penghitung umur

MySQL server adalah salah satu database server berbasis open source terpopuler saat ini. pengguna MySQL tidak hanya perorangan, namun juga corporate bahkan pemerintahan dengan basis data yang sangat kompleks. pada tutorial saya kali ini MySQL tidak kita gunakan untuk membuat database, akan tetapi memanfaatkannya sebagai penghitung umur, apa bisa??tentu saja!
dengan memanfaatkan feature date time function kita bisa mengetahui berapa hari umur kita bahkan kita bisa mengetahui hari apa kita lahir.

untuk menghitung berapa hari umur kita sekarang, gunakan perintah ini:
select datediff ('tanggal_pertama[tahun-bulan-tanggal]',tanggalkedua[tahun-bulan-tanggal]'');


tanggal pertama adalah tanggal sekarang (current time) dan tanggal kedua adalah tanggal lahir. perintah diatas akan mengembalikan hasil berupa selisih dari tanggal pertama dan tanggal kedua, jadi hasil yang ditampilkan adalah jumlah hari. bisa juga digunakan untuk mengetahui berapa umur kita pada tahun-tahun tertentu dengan memasukkan tahun dan tanggal yang diigninkan pada tanggal pertama.

untuk mengetahui hari lahir gunakan perintah ini:
select dayname(['tahun-bulan-tanggal']);


perintah diatas akan mengembalikan nama hari, jadi pada tahun 1983 bulan juli tanggal 1 adalah hari jum'at. hmm hebat bukan?selain sebagai database server yang sangat stabil dan populer MySQL juga dapat digunakan untuk menghitung umur dan mengetahui hari lahir. Selamat mencoba dan silahkan berkomentar.

download tutorial ini dalam bentuk dokument pdf |Download|

jika punya pertanyaan seputar MySQL, please feel free to email me..

0 komentar:

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More