Friday, March 26, 2010

Memanfaatkan command prompt sebagai client MySQL

Untuk mengakses database yang tersimpan pada database server MySQL diperlukan sebuah program MySQL Client seperti MySQL Command Line, SQL Frot, HeidiSQL, PHPMyAdmin dan sebagainya. apakah ada cara lain untuk mengakses database MySQL tanpa harus menggunakan program client yang disebutkan tadi..??tentu! tutorial ini akan menjelaskan bagaimana melakukan koneksi ke server MySQL tanpa harus ada Program Client SQL cukup menggunakan Command Line yang sudah tersedia di Windows.  hal pertama yang dilkukan adalah membuka program Command Line Windows, gunakan kombinasi tombol windows + R lalu masukkan perintah "cmd" pada dialog run (tanpa tanda petik). kurang lebih tampilannya akan seperti dibawah ini:




sekarang ketikkan perintah untuk koneksi ke server MySQL berikut adalah sintaxnya:

mysql --host=localhost --port=3306 -u root -p

lalu tekan enter, tampilan akan tampak seperti gambar berikut:



dari screenshoot diatas terlihat 'mysql' is not recognized, yang artinya command "mysql" tidak dapat dikenali oleh command prompt, selanjutnya agar command line dapat mengenali perintah SQL yang dimasukkan dilakukan dengan menambahkan path installasi dimana MySQL server terinstall ke dalam environtment variabel. untuk menambahkan environment variabel dilakukan dengan cara berikut:

copy path/lokasi file-file .exe MySQL terinstall, pada windows mysql (mulai dari versi 4 - 5) terinstall ke dalam direktori C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.5\. perhatikan gambar dibawah ini:



copy path installasi mysql pada direktury bin, kemudian tambahkan kedalam environtment variabel, setting environtment variabel dapat dibuka dari my computer --> klik kanan --> Properties --> pilih tab advance --> lihat pojok bawah kanan terdapat tombol berlabel environtment variable. lihat gambar dibawah:



pilih path lalu klik tombol edit, akan muncul jendelAdd an Imagea seperti gambar dibawah ini:



berikan tanda (;) semicolon/titik koma, pada akhir variabel value sebelum menambahkan yang baru, kemudian paste path lokasi installasi MySQL yang di copy tadi setelah tanda titik koma. klik tombol OK untuk menerapkan perubahan, klik aply dan OK untuk semua jendela. sekarang variabel environtment telah ditambah dan jika tidak terdapat kesalahan apapun dari langkah awal hingga akhir semua akan berjalan sukses.

untuk memastikan bahwa command line telah dapat mengenali perintah SQL yang dimasukkan, lakukan percobaan dengan mengetikkan perintah SQL untuk koneksi ke server MySQL, berikut adalah perintahnya:
mysql --host=localhost --port=3306 -u root -p

perintah diatas akan diterjemahkan oleh Server MySQL sperti ini "lakukan koneksi ke server MySQL melalui port 3306 menggunakan username root dan lakukan pengecekan password"

OK let's see the result:



sekarang perintah SQL sudah dapat dikenal oleh command prompt. Mission Complete!! selamat Mencoba

don't forget to put your comment yah....

2 komentar:

tolong tampilkan penjelasan gambarnya,

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More