Saturday, March 5, 2011

Gamelan Sembalun - Traditional Music


Gendang belek Rantemas, salah satu kesenian musik tradisional yang hingga saat ini masih hidup dan dibudidayakan oleh masyarakat sembalun Lawang. kesenian musik tradisional ini diwariskan secara turun temurun, menurut salah seorang senior yang saat ini aktif (Riis, 23) dalam grup Gendang belek Rantemas-kesenian musik tradisional ini sudah berumur lebih dari seratus tahun. alat-alat yang digunakan dalam musik tradisional ini mirip dengan alat musik tradisional jawa. grup musik ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan khususnya wisatawan mancanegara dan memberikan nilai tambah untuk Sembalun sebagai desa pariwisata.

Selain irama khas Gamelan gendang belek, terdapat tarian tradisional yang dilakoni oleh personil Grup Gendang Belek Rante Mas, oleh masyarakat setempat tarian semacam ini biasanya disebut ngibing. untuk lebih memasyarakatkan dan memperkenalkan budaya gendang belek  ini para personil grup gendang belek biasanya mempersilahkan para wisatawan lokal atau mancanegara untuk mencoba ngibing diiringi musik gamelan dan didampingi oleh penari senior.

 

0 komentar:

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More