Tuesday, June 14, 2011

Kelepon Kecerit – Jajanan Tradisional Sasak

Jajanan yang satu ini meskipun sudah berumur namun sepertinya tidak termakan umur dan berada di tepi jama. Kelpon masih mudah ditemukan di berbagai tempat dari pasar sampai dengan hotel bekelas, salah contoh, ketika saya ikut pelatihan kewirausahaan di Hotel Jayakarta Senggigi ternyata kelpon menjadi makanan penutup.
Kelepon mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jajanan lain walupun dibuat dengan bahan yang sama yaitu bentuknya yang unik, entah dari mana model jajan kelepon ini diadopsi sehingga sampai sekarang bentuk kelepon di seluruh Lombok semuanya sama. Adapun ciri fisiknya adalah bulat dengan ujungya yang agak runcing, jika diperhatikan mirip seperti tetesan air. Di Lombok, jajan kelepon mendapatkan julukan khusus yaitu kelepon kecerit – kecerit dalam bahasa Indonesia artinya muncrat diambil dari sifat kelepon yang khas yaitu; ketika digigit kelepon akan memuncratkan cairan gula merah yang terdapat di dalamnya. Dalam penyajiannya biasanya kelepon disajikan dengan  kelapa parut.
Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kelepon adalah tepung beras dan gula merah sebagai isinya. Tidak begitu sulit untuk membuat kelepon, dari bentuknya saja Anda pasti bisa membayangkan bagaimana kelepon dibuat, jadi saya rasa tidak perlu saya ceritakan ;-). Kombinasi tepung beras, gula merah dan kelapa parut menjadikan rasa kelepon begitu khas apalagi kalau disajikan pada saat hangat, uh makyus rasanya. Tertarik ingin mencoba kelepon..?? Anda bisa membuatnya sendiri atau mencarinya di pasar-pasar pagi di Lombok.
Jika Anda berwisata ke Lombok, selain menikmati keindahan alamnya jangan lupa untuk mencoba kuliner tradisional khas Lombok yang saya rasa ini akan menambah seru dan pengalaman Anda selama berwisata ke Pulau Seribu Masjid. Keep going Lombok.
Baca Juga:

Kelepon Kecerit – Jajanan Tradisional Sasak

Sate Tanjung

Orok-Orok Kakenan dengan toak laek

Timbung Makanan Favoritku - Kopang Lombok Tengah

Cari Ceperan Dolar di Internet

 

2 komentar:

Kangen jajanan ini KLEPON KECERIT jajanan sajian ibu tersayang saat pagi hari pertama setiap pulang kampung di pamenang Lombok Utara

klopon yang temennya kue putu yak :D

Klo di rumah ane keleponya di taburin kelapa
biuasanya gua beli klo lg ujan2 :D

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More