Wednesday, June 15, 2011

Bunga Ashitaba

nizarjoe ada di kebun ashitabanya, ashitaba sembalun LombokAshitaba merupakan tumbuhan super herbal dengan segudang manfaat, hingga saat ini ashitaba sudah mulai banyak dikenal di dalam negeri. awalnya saya dan para petani ashitaba lainya sempat putus asa karena tidak tahu akan menyalurkan ashitaba ke mana karena sulitnya pasaran dan masih belum dikenal. Alhamdulillah sekarang sudah mulai banyak yang merasakan manafaat dan khasiat yang diberikan oleh tumbuhan yang namanya diambil dari nama malaikat penyembuh yaitu ashitaba. Saat ini tidak hanya daun, getah dan akar yang diminati, sudah banyak sms dan email permintaan yang masuk ke saya menanyakan tentang bibit ashitaba, hanya saja kami belum siap untuk mendistribusikan bibit ashitaba ke tempat lain dikarenakan oleh kebijakan kelompok petani ashitaba kami. saya ingin berbagi sedkit pengelaman tentang bunga ashitaba dan bibit melalui tulisan ini. ashitaba akan berbunga ketika sudah berumur 9-12 bulan, biasanya ashitaba akan berbunga ketika sudah melewati dua musim yaitu musim panas dan musim hujan, tidak semua bunga ashitaba bagus untuk dijadikan bibit, namun untuk membuat bibit dengan kualitas bagus dibutuhkan pohon yang sudah berumur lebih dari 5 tahun. sejak kuncup hingga bunga ashitaba kering dan menjadi bibit membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan. berikut ini gambar bunga ashitaba yang saya ambil dari kebun.

bunga ashitaba dan bibit ashitaba. rinjani ashitaba sembalun Lombok
Jika pohon asihtaba sudah mulai berumur 9 bulan, biasanya setelah melewati dua musim ashitaba akan mengeluarkan bunga pertamanya dari pucuk tangkai. Bunga ashitaba kuncup dari awal kemunculanya hingga membelah menjadi bunga membutuhkan waktu 2-3 minggu.
bunga ashitaba dan bibit ashitaba. rinjani ashitaba sembalun Lombok, ashitaba plantation, ashitaba flower
Gambar diatas adalah gambar bunga ashitaba yang telah keluar dari kuncupnya, dari masing-masing tangkainya kana mengeluarkan bunga berwarna putih ketika sudah berumur 1 bulan lebih, bunga putih tidak bertahan lama hanya beberapa hari saja kemudia akan gugur dan membentuk biji-biji pada bunga tersebut. dibawah adaalh gambar biji muda ashitaba.
bunga ashitaba dan bibit ashitaba. rinjani ashitaba sembalun Lombok, ashitaba plantation, ashitaba flower

bunga ashitaba dan bibit ashitaba. rinjani ashitaba sembalun Lombok, ashitaba plantation, ashitaba flower

gambar diatas adalah keadaan ketika bunga ashitaba sudah siap dijadikan bibit untuk ditanam kembali. pada satu pohon ashitaba bibit yang dihasilkan sampai dengan 500biji bibit siap tanam.



Baca Lebih Banyak Tentang Ashitaba



Ashitaba Sembalun Lombok Slideshow: Nizar’s trip to West Nusa Tenggara, Indonesia was created by TripAdvisor. See another West Nusa Tenggara slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

4 komentar:

Assalamu 'alaikum..
Selain indah juga banyak memberi manfaat.mudahan kita bisa belajar dari tanaman ini..

Linkmu sdh aku pasang..
Coba dicek.kurang cocok,bisa diperbaiki..

Linknya aku taruh di Bintang -bintang (widget tautan link) sebelah kanan dr komputer kamu

Min saya boleh beli bibit ashitaba?

Ada yg Jual bibit ashitaba?

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More