Saturday, June 25, 2011

Sejarah Alphabet

Kata alphabet berasal dari alpha dan beta, dua huruf pertama sistem penulisan bangsa Yunani. Alphabet yg kita kenal sekarang ini pertama sekali dikembangkan oleh bangsa Mesir kuno. Sistem penulisan mereka disebut hieroglyphyc, yg artinya tulisan para pemuka agama. Dalam sistem ini lambang/gambar
dipergunakan untuk menyatakan objek/ ide-ide. Selanjutnya bangsa Mesir juga menggunakan lambang/simbol untuk menyatakan sebuah huruf, contohnya : air disebut nu, dan dinyatakan dengan lambang riak/gelombang. Selanjutnya mereka menggunakan lambang ini untuk lambang bunyi suara n, yakni bunyi huruf pertama dari kata (dalam bahasa mereka) untuk menyatakan air. Setelah masa itu datanglah bangsa Phonecia, yg mengembangkan sistem alphabet yg sebenarnya, yg huruf-huruf dipergunakan sebagai lambang bunyi. Huruf-huruf tersebut kebanyakan diambil dari huruf Mesir, tetapi beberapa di antaranya berbeda. Kemungkinan perbedaan ini diambil dari sistem penulisan bangsa Syira.Sistem alphabet bangsa Phonecia memiliki 19 huruf dan tidak memiliki huruf hidup.



Sejumlah besar bangsa-bangsa, termasuk bangsa Yunani mengadopsi sistem alphabet Phonecia. Bangsa Yunani membuat beberapa perubahan dan menambahkan sejumlah huruf vokal kedalamnya. Sistem alphabet Yunani ini memiliki 24 huruf. Beberapa (lambang) huruf diantaranya sama seperti yg kita pergunakan sekarang, misalnya huruf N (Nu) dan O(Omicron).Setelah bangsa Yunani selesai mengembangkan sistem alphabetnya. bangsa Romawi mengadopsinya. Mereka juga membuat beberapa perubahan. Mereka menambah & menghapuskan beberapa huruf dan mengubahnya dengan bentuk huruf yg berbeda. Alphabet Romawi terdiri atas 23 huruf,3 huruf U,W dan J yg ditemui dalam sistem alphabet kita merupakan tambahan. Huruf U dan W dibuat dari huruf Romawi V-yg melambangkan bunyi dari kedua suara tersebut, dan J dari huruf Romawi I. Romawi menaklukan banyak negara dan oleh karena itulah metode penulisan mereka tersebar luas. sampai kenegara kita sekarang ini.

0 komentar:

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More